Rabu, 27 Agustus 2014

Mengapa Mengadopsi ISO 9001

ISO 9001 adalah standar internasional system management mutu yang dirancang untuk membantu organisasi menghasilkan barang dan jasa yang bermutu dan sesuai dengan keinginan pelanggan.

Standard ISO 9001 dipublikasikan oleh ISO (International Organization for Standarization) atau lembaga standarisasi internasional melalui konsensus international yang berdasar pada prinsip-prinsip quality management practices.
Hasil survey yang dilakukan ISO pada 2009 menyebutkan, organisasi atau perusahaan yang telah bersertifikat ISO 9001 telah mencapai 1 juta di seluruh dunia. Mengapa begitu banyak perusahaan mengadopsi ISO 9001? Apa Manfaatnya bagi perusahaan?
Keuntungan ISO 9000 bagi perusahaan salah satunya adalah Image perusahaan semakin meningkat melalui sertifikasi ISO 9001.
Penerapan ISO 9001 dapat meningkatkan kinerja dan produktivitas. Dengan menerapkan ISO 9001, standar kerja menjadi terdokumentasi sehingga mudah dalam pengendalian dan juga meningkatkan transparansi karena mewajibkan kejelasan tugas dan kewenangan setiap karyawan.
Lalu, apakah ISO 9001 hanya berlaku bagi perusahaan berskala besar atau perusahan multinasional saja? Jawabannya tentu TIDAK. ISO 9001 adalah suatu standar yang generic, dalam artian bahwa standar ISO 9001 dapat diaplikasikan oleh setiap perusahaan, baik UKM atau perusahaan besar, terlepas dari barang atau jasa yang dihasilkan.
Mengapa harus ISO 9001? Perusahaan tetap bertahan karena pelanggannya. Apabila pelanggan tidak puas, maka perusahaan tsb dalam kondisi berbahaya. Karenanya management harus senantiasa memuaskan pelanggannya dengan menyediakan barang dan jasa yang berkualitas. Maka dari itu, untuk memenuhi keinginan pelanggan, adopsi ISO 9001 adalah salah satu cara yang tepat karena dengan menerapkan ISO 9001 dapat membantu perusahaan mengelola setiap aktifitas dengan pendekatan yang sistematis dan terstruktur sehingga dapat menghasilkan barang dan jasa yang konsisten dan pada akhirnya dapat memenuhi keinginan pelanggan.



Pertanyaan selanjutnya, apa saja langkah-langkah impelementasi ISO 9001? Secara garis besar ada 4 langkah untuk meraih sertifikat ISO 9001. Apa sajakah itu? Berikut uraiannnya.

Langkah 1 adalah harus dibentuk terlebih dahulu tim ISO perusahaan dan hendaknya tim ISO dapat mewakili semua personil dari semua departemen/divisi yang terdapat dalam perusahaan. Tim ISO dipimpin oleh seorang coordinator yang disebut “Management Representative (MR)” yang nantinya bertugas mengelola, mengkoordinir tim ISO dan sekaligus menjadi penghubung dengan pihak lembaga sertifikasi (Certification Body).
Langkah 2 melakukan sosialisasi ISO 9001 dalam bentuk trining. Training yang diberikan mencakup pemahaman standar ISO 9001, pendokumentasian dan audit mutu internal yang dapat dilakukan oleh karyawan internal atau menggunakn jasa konsultan.
Langkah 3 adalah dengan mengimplemantasikan standar ISO 9001 tsb, yaitu dengan menerapkan aturan-aturan kerja yang sudah terdokumentasi dalam dokumen ISO, seperti prosedur, instruksi kerja dan dokumen-dokumen lain yg telah di susun. Untuk mendapatkan sertifikas setidaknya implementasi ISO 9001 telah diterapkan minimal 3 bulan. Implementasi termasuk pelaksanaan audit mutu internal dan evaluasi terhadap penerapan ISO 9001 yang dinamakan kegiatan management review atau tinjauan management.
Langkah ke 4 atau tahap akhir adalah menjalani proses sertifikasi dengan menunjuk lembaga sertifikasi sebagai pihak yang bertanggung jawab melaksanakan audit sertifikasi. Lamanya proses sertifikasi bergantung pada tingkat kerumitan proses dan jumlah karyawan. Namun pada umumnya audit sertifikasi berlangsung minimal 2 hari atau lebih.

Semoga bermanfaat.
Salam.
IT.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar