Sabtu, 30 Agustus 2014

Mengatasi semut rangrang masuk air gula

Salam kroto. Pertanyaan satu demi satu dari sahabat flodesta selalu mas bro usahakan selesaikan apakah itu melalui kolom komentar maupun yang telepon langsung. Tapi kalau belum sempat terjawab yo ojo nesu, harap maklum bro yang berpikir cuma satu orang (kadang ada teman ngasih masukan) mugkin kedepan sedikit demi sedikit masalahmu akan terselesaikan. Kali ini saya coba fokus masalah cara mengatasi semut rangrang masuk air gula. Masih banyak dari kita mengalami masalah semut rangrang masuk kedalam air minuman yang kita sediakan. Bahkan lebih dari satu mati terendam air gula. lihat saja gambar di bawah keberadaan semut rangrang yang ada di tengah kalau gak bisa menepi lagi pasti mati tenggelam.

 minuman semut rangrang


Penyebab semut rangrang masuk tempat minuman yang kita sediakan di sebabkan semut merasa terganggu dengan penambahan air minum. Mungkin dari sobat flodesta pernah menambah air minum selalu langsung menumpahkan kedalam tempat minuman semut rangrang tanpa menyingkirkan semutnya. Cara seperti itu membuat semut kaget dan akhirnya semut secara brutal masuk ke air dan akhirnya mati. Mungkin bisa saja di sebabkan karena penambahan minuman terlambat.

Tempat minuman juga harus di perhatikan jangan sampai tempat air minum terlalu tinggi ataupun terlalu lebar, sedang sedang saja yang penting kondisi air minum tidak terlalu tinggi menyesuaikan tinggi semut rangrang. Masalah nanti air minum cepat habis itu tidak masalah, semua tergantung daripada koloni semut rangrang yang kita budidayakan, semakin banyak semut semakin banyak minumnya.

Bagaimana cara mengatasi semut rangrang masuk air gula.
  • Cara pertama. Bersihkan dulu semut yang masih ada di dalam tempat minuman dan sekitarnya. Pokoknya harus bersih dari semut rangrang. Caranya semprot pakai air (buih) sampai semut rangrang menjauh dari tempat minuman. Kemudian air gula bisa di masukkan di tempat minuman.
  • Cara kedua yaitu dengan menambah tempat minuman baru. Jadi begini sob, kita bisa menambah tempat air gula yang baru dengan catatan tempat minuman lama sedikit mendekati habis dulu baru kita letakkan tempat yang baru. Kemudian tempat minuman lama bisa kita ambil untuk cadangan berikutnya. Kalau masih ada semutya bisa kita bersihkan dulu dengan memakai tangan yang terproteksi sarung tangan dengan di lumuri tepung sedikit. Kita usap perlahan lahan semut yang menempel di tempat minuman semut rangrang lama.
  • Cara ketiga mungkin tidak terbayang di pikiran kita yaitu tempat minum di kasih batu batu kecil tentu batu tersebut sudah dibersihkan. Mengapa mas bro mempunyai ide tersebut karena dalam pengamatan semut sebagian kecil ada yang nekat masuk kedalam air gula. Dengan adanya halangan batu maka semut tidak akan masuk kedalam air tetapi tetap masih bisa minum karena adanya celah di antara batu. Lihat saja gambar di bawah ini :

 minuman semut rangrang

Cukup mudah sekali kita hanya memerlukan sedikit polesan kreatifitas. Cara tersebut mungkin tidak harus dipakai tetapi tidak ada salahnya untuk di coba. Semoga semut rangrang tidak lagi masuk minuman air gula. Terimakasih sekali mas bro ucapkan atas kunjungan dan partisipasinya. Ojo lali cendole....ben tambah seger. suwun


    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar