Senin, 11 November 2013

Apa Itu VPN Bagaimana Setting VPN di Windows 7

Fungsi utama Virtual Private Network adalah membuat koneksi aman ke jaringan lain melalui sambungan internet. Lalu, apa itu VPN? Bagaimana cara setting VPN di komputer windows 7? Kang topjer akan memberikan penjelasan lengkap pengertian VPN, Apa fungsi dan manfaat serta bagaimana cara setting VPN pada windows 7.

Virtual Private Network atau yang biasa disingkat VPN dapat digunakan untuk mengakses website yang memblokir pengunjung dari negara tertentu, melindungi anda saat browsing internet melalui jaringan terbuka seperti misalnya Wi-Fi Hotspots.

apa itu VPN?

Image courtesy of Pixomar / FreeDigitalPhotos.net

Apa Itu VPN?

Dari namanya saja sudah dapat di tebak apa itu VPN : Virtual = Dunia maya / internet, Private = Pribadi, Network = Jaringan. Secara jelasnya pengertian VPN adalah jaringan pribadi yang dibuat menggunakan jaringan dari server VPN (software) untuk terhubung secara aman ke jaringan internet.

Bagaimana Cara Kerja VPN?

Virtual Private Network memiliki cara kerja yang hampir sama seperti proxy software misalnya Ultrasurf. Saat perangkat komputer (atau laptop, smartphone, tablet) terhubung ke VPN, semua paket data yang dikirim akan melalui server VPN terlebih dahulu sebelum diteruskan ke web server.

  • Baca juga : Cara ganti proxy browser google chrome

Begitu pula sebaliknya, paket data yang akan diterima komputer akan melalui VPN server sebelum diteruskan ke komputer yang sedang anda gunakan.

Proses pengiriman dan penerimaan paket data melalui jaringan internet tersebut akan aman dan tidak terlacak karena sudah dilindungi oleh enskripsi server VPN. Karena itulah, ketika anda mengakses internet melalui software VPN anda sedang melakukan anonymous browsing.

Apa Manfaat Menggunakan VPN?

VPN atau ada juga orang yang lebih familiar dengan sebutan tunneling mempunyai manfaat misalnya melindungi privacy anda saat menjelajah internet.

Apa yang dimaksud dengan melindungi privacy saat browsing di internet?
  • Ketika anda terhubung ke internet lewat jaringan Hotspots Wi-Fi, aktivitas browsing pada situs web yang tidak menggunakan protokol HTTPS akan terlihat oleh orang lain yang juga terhubung dengan Wi-Fi. Meskipun hanya sebagian orang yang mengetahui caranya.

Apabila anda ingin privacy browsing tetap terjaga, gunakan software VPN. Lindungi data-data situs web yang anda kunjungi, cache maupun cookies dengan koneksi aman dari server VPN.

Bagaimana Cara Setting VPN Di Windows 7?

Cara setting Virtual Private Network di komputer windows 7 mudah saja. Buka start menu > tuliskan VPN pada kolom Search program and files > klik Set up a virtual private network (VPN) connection.
setting VPN windows pada 7

Umumnya, penyedia VPN akan memberikan alamat server dan detail konfigurasi lain untuk login dan terhubung ke server.

  • Baca juga : Tutorial lengkap konfigurasi PPTP VPN di windows 7

Masukan internet address dan nama koneksi yang anda dapatkan dari penyedia VPN. Klik next dan ikuti petunjuk selanjutnya. Anda dapat connect dan disconnect server VPN melalui ikon koneksi internet di pojok kanan bawah.

Adakah Cara Mudah Menggunakan VPN?

Jika anda belum terbiasa menggunakan VPN, anda dapat mencoba software VPN gratis dengan keterbatasan kecepatan, bandwidth dan lainnya.

Salah satu software VPN yang kang topjer rekomendasikan adalah CyberGhost VPN
software CyberGhost VPN gratis
Baca juga : Top 5 Software VPN Server Gratis Tahun 2013

VPN dari CyberGhost VPN akan memberikan kuota 6 jam koneksi internet atau setelah menghabiskan paket data sebesar 1 GB. Dengan maksimal penggunaan 2 GB paket data internet per bulan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar